Pages

Thursday 12 May 2016

PKN: MAKALAH DEMOKRASI "GENERASI PELURUS DAN PENERUS BANGSA"



      I.            LATAR BELAKANG

Mungkin kalian bertanya-tanya, kenapa kami memilih tema GENERASI PELURUS BANGSA bukannya GENERASI PENERUS BANGSA. Jika kita HANYA harus menjadi penerus bangsa, apakah kita harus menjadi generasi  penerus para pemerintah yang mayoritas tidak maksimal dalam mengurus negara ini ??? Apakah kita harus melanjutkan perjuangan para koruptor ??? Menjadi penerus mereka yang dalam negara ini ternyata lebih banyak pengurus negara yang dapat panggilan dari banyak masyarakat “NGGAK BECUS” dalam mengurus negara ini ??? Mungkin, dalam saat ini menurut kami jika HANYA kata“PENERUS” ini kurang tepat untuk menggambarkan bagaimana harusnya anak muda berperan nantinya.

Jika untuk menasehati agar menjadi penerus mereka yang banyak berkorban untuk indonesia. Sebelum kita menjadi “ GENERASI PENERUS BANGSA” kita harus meluruskan terlebih dahulu hal-hal yang telah melenceng tersebut dengan menjadi “ GENERASI PELURUS BANGSA”. Dengan menjadi GENERASI PELURUS BANGSA kita diajak untuk meluruskan hal-hal yang sudah sangat jauh melenceng dari yang sebenarnya, sehingga Indonesia dapat menjadi negara maju dan negara yang menjadi panutan negara lainnya.


   II.            RUMUSAN MASALAH

1.     Apa pengertian demokrasi?
2.     Seperti apa negara demokrasi itu?
3.     Seperti apa ciri-ciri kepribadian yang demokratis?
4.     Apa saja jenis-jenis dan prinsip demokrasi di indonesia?
5.     Bagaimana perkembangan serta pelaksanaan demokrasi di Indonesia ?
6.     Apa pengertian dari generasi pelurus bangsa?
7.     Siapa sajakah yang dapat menjadi generasi pelurus bangsa?
8.     Bagaimana cara menjadi generasi pelurus bangsa yang baik?
9.     Apa hubungannya demokrasi dengan generasi pelurus bangsa?
10.      Seperti apa ciri sikap generasi pelurus bangsa yang baik?

III.            PERMASALAHAN

1.     Demokrasi berasal dari kata Yunani demos dan kratos. Demos artinya rakyat. kata kratos berarti pemerintahan. Jadi, demokrasi berarti pemerintahan rakyat,yaitu pemerintahan yang rakyatnya memegang peranan yang sangat menenentukan.

2.     Negara demokrasi, yaitu negara yang kekuasaan terbesar berada di tangan rakyat. Indonesia termasuk negara demokrasi, karena rakyat indonesia mempunyai kekuasaan untuk memilih pemimpin NKRI.

3.     Ciri-ciri kepribadian yang demokratis
(1) Menerima orang lain;
(2) terbuka terhadap pengalaman dan ide-ide baru;
(3) bertanggungjawab;
(4) Waspada terhadap kekuasaan;
(5) Toleransi terhadap perbedaan-perbedaan;
(6) Emosi-emosinya terkendali;
(7) Menaruh kepercayaan terhadap lingkungan

4       Jenis-Jenis Demokrasi
a)     Demokrasi langsung. Rakyat secara langsung diikutsertakan dalam proses pengambilan keputusan untuk menjalankan kebijakan pemerintahan.
b)    Demokrasi tidak langsung atau demokrasi perwakilan. Demokrasi ini dijalankan oleh rakyat melalui wakil rakyat yang dipilihnya melalui pemilu.
c)     Demokrasl formal.
d)    Demokrasi material, Demokrasi material dikembangkan di Negara sosialis-komunis.
e)     Demokrasi campuran. Demokrasi ini merupakan campuran. Demokrasi ini berupaya menciptakan kesejahteraan seluruh rakyat dengan menempatkan persamaan derajat dan hak setiap orang.
f)      Demokrasi liberal, yaitu memberikan kebebasan yang luas pada individu. Campur tangan pemerintah diminimalkan bahkan ditolak. Pemerintah bertindak atas dasar konstitusi (hukum dasar).
g)     Demokrasi rakyat atau demokrasi proletar. Demokrasi ini bertujuan menyejahterakan rakyat. Negara dibentuk tidak mengenal perbedaan kelas. Semua warga Negara mempunyai persamaan dalam hukum dan politik.

5       Prinsip Demokrasi 
          Suatu Negara dikatakan demokratis apabila system pemerintahannya mewujudkan prinsip-pnnsip demokrasi. Robert. Dahi (Sranti, dkk; 2008) menyatakan terdapat beberapa prinsip demokrasi yang harus ada dalam system pemerintahan Negara demokrasi, yaltu:
a)     Adanya control atau kendali atas keputusan pemerintah.
b)    Adanya pemilihan yang teliti dan jujur
c)     Adanya hak memilih dan dipilih. Hak untuk memilih, yaitu memberikan hak pengawasan rakyat terhadap pemerintahan, serta memutuskan pilihan terbaik sesuai tujuan yang ingin dicapai rakyat. Hak dipilih yaitu memberikan kesempatan kepada setiap warga Negara untuk dipilih dalam menjalankan amanat dari warga pemilihnya.
d)    Adanya kebebasan menyatakan pendapat tanpa ancaman.
e)     Adanya kebebasan mengakses informasi.
f)      Adanya kebebasan berserikat yang terbuka.

6       Generasi pelurus bangsa adalah generasi muda yang mengajak kita meluruskan hal-hal yang telah melenceng dari hal yang sebenarnya sebelum menjadi generasi penerus bangsa.

7       Kita semua adalah generasi pelurus bangsa indonesia, jika bukan kita siapa lagi?
8       Sebagai generasi pelurus bangsa, tentunya kita harus lebih meningkatkan belajar kita. Karna, nasib bangsa indonesia pada masa depan berada di tangan kita. Jika kita hanya diam bermalas-malasan bagaimana dengan nasib Bangsa Indonesia kedepannya??
9       Keterkaitan generasi pelurus bangsa dengan demokrasi sangatlah erat. Karena kita semua adalah rakyat. Dan nanti kelak kita yang akan memerintah bangsa indonesia. Karena bangsa indonesia menganut sistem demokrasi.

10  . sikap yang harus dimiliki genersi pelurus bangsa
a)     Tanggung jawab
b)    Jujur
c)     Percaya diri (PD)
d)    Saling menghormati
e)     Saling menghargai
f)      Tidak egois
g)     Berkarya

No comments:

Post a Comment