Pages

Saturday 28 September 2019

ESSAY PRAMUKA DI ERA MILLENIAL



PRAMUKA DI ERA MILLENIAL 2
Oleh : Yesi Lusiana 

      Pramuka adalah suatu organisasi pendidikan non formal yang menjadi wadah dalam melaksanakan pendidikan kepanduan. semua anggota gerakan pramuka indonesia  terdiri dari beberapa tingkatan, mulai dari pramuka siaga, penggalang, penegak dan pandega. Pramuka memiliki tujuan  untuk membangun generasi muda yang memiliki jiwa patriolik, beriman, bertakwa dan menjunjung nilai keluhuran bangsa indonesia.
     Seiring dengan perkembangan zaman, pemuda kini sering disebut "Generasi Milenial". Dimana hidup dalam teknologi kekinian. keberadaan pramuka tetap harus tumbuh dan berkembang bahkan diharapkan menjadi semakin kompak dan cerdas dalam melangkah ke depan. Dan dapat menumbuh kembangkan jiwa kepramukaan, yang sama halnya dengan ikut serta memupuk sikap mental dalam rangka membela negara. Diera ini dengan segala kecanggihan teknologi, tingkat persaingan juga semakin tinggi dan segala sesuatu bergerak dengan cepat, dunia menjadi tanpa batas, informasi dapat di peroleh dimana saja dan dari siapa saja.
Sebagai pramuka kita harus beradaptasi, belajar dan menjadi lebih baik serta bisa memecahkan suatu permasalahan. Dan berusaha bijak terutama dalam mendapatkan informasi dalam media sosial. Tergantung bagaimana kita menggunakan dan mendapatkannya. Kita bisa berguna dan bertambah pintar apabila menggunakan media sosial dengan benar tetapi juga dapat menjadi bodoh apabila menggunakan media sosial tidak benar.
      Pramuka itu sangat menarik dan mengasyikkan diera milenial ini. Hanya saja banyak yang tidak menyadari akan hal tersebut. Yang menjadikan pramuka itu asyik dan memiliki daya tarik adalah kegiatannya yang semakin inovatif dan mengikuti perkembangan zaman. Pramuka diera milenial ini sangat mendukung ketertarikan seseorang untuk mengikutinya. Sebagai pemuda kita harus mencintai dan mengembangkan pramuka. Karena pramuka memiliki nilai juang yang sama dengan perjuangan bangsa indonesia itu sendiri. Selain itu, pramuka juga memberikan banyak nilai positif bagi pemuda kini.
Pramuka harus mampu menjadi jembatan generasi milenial yang kuat dan cerdas. Kuat dalam membela tegaknya ideologi pancasila, konsisten dan loyal terhada jiwa UUD 1945, membela secara utuh menyatunya NKRI dan kokoh perekatnya Bhineka Tunggal Ika.

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete