I.
LATAR
BELAKANG
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha
Esa karena dengan rahmat, dan hidayahnya kami sebagai salah satu kelompok
wawancara di kelas IX.A dapat melaksanakan tugas PKN di semester ganjil ini
dengan lancar dan berjalan sebagai mana mestinya.
Kegiatan wawancara ini bertujuan untuk memperoleh
informasi dari narasumber. Selain itu kami juga ingin menambah pengalaman
sebagai bekal untuk masa depan. Kami diberi topik “ Otonomi/Wewenang Kesiswaan”
, oleh karena itu kami mewawancarai kesiswaan di sekolah SMPN 1 WONGSOREJO.
Dengan terlaksananya wawancara ini, kami
berharap telah memenuhi tugas PKN dengan harapan kami mendapatkan nilai yang
memuaskan. Dan semoga laporan hasil wawancara ini dapat bermanfaat bagi kami dan teman-teman semua.
II.
MAKSUD
DAN TUJUAN
1.
Memenuhi tugas PKN
2.
Meningkatkan solidaritas antar anggota
kelompok
3.
Belajar untuk bekerjasama
4.
Melatih mental dalam berbicara dengan
orang yang lebih berpengalaman
5.
Memperoleh informasi dari narasumber
secara langsung
III.
TOPIK
WAWANCARA
Otonomi
kesiswaan
IV.
Waktu
dan tempat kegiatan
Acara
ini dilaksanakan pada:
Hari/Tanggal : Sabtu, 10 oktober 2015
Pukul : 08.40 WIB s/d selesai
Tempat
: Kantor SMPN 1 WONGSOREJO
V.
LAPORAN
HASIL WAWANCARA
Narasumber : Endri
Subekti
Pewancara :
1. Devi Damayanti
2.
Endang Sri Wahyuni
3.
Nabilatul Nur Laily
4.
Novia Fitrtria Ningsih
Perancang laporan : Novia Fitria Ningsih
Penulis hasil laporan :
Devi Damayanti
VI.
HASIL
WAWANCARA
Pada
hari sabtu, 10 oktober 2015, pukul 08.40 WIB. Kami melakukan wawancara dengan
narasumber yang bernama Endri Subekti selaku kesiswaan di SMPN 1 WONGSOREJO.
Pertanyaan
pembuka:
1.
Assalamualaikum
bu!
·
Waalaikum salam!
2.
Bolehkah
kami minta waktunya sebentar untuk mewawancarai ibu?
·
Tentu saja boleh.
3.
Siapa
nama lengkap ibu?
·
Nama lengkap saya Endri Subekti.
4.
Ibu
mengajar di SMPN 1 WONGSOREJO sejak tahun berapa?
·
Saya mengajar di smp ini sejak 1
februari 1998, tepatnya saat saya berumur 25 tahun karena saya kelahiran 1973.
Pertanyaan
inti:
5.
Apakah
ibu mengajar mata pelajaran yang lain selain IPS?
·
Dulu saya sempat menjadi guru mata
pelajaran Geografi. berhubung sekarang mata pelajaran tersebut tidak ada, jadi
saya menjadi guru mata pelajaran ips. Karena, saya ini memang lulusan sarjana
geografi. Selain menjadi guru mata pelajaran, saya juga menjadi kesiswaan di
smp ini.
6.
Sejak
dan sampai kapan ibu menjabat sebagai kesiswaan?
·
Saya menjabat sebagai kesiswaan sejak
tahun 2013 pada masa itu kepala sekolahnya bukan bapak Mariyat melainkan masih
pak Sukarnadi.
7. Berapa lama masa jabatan menjadi
kesiswaan?
·
biasanya masa jabatan kesiswaan itu
selama 2-4 tahun.
8.
Ibu
menjadi kesisiwaan karena mencalon/dicalonkan?
·
Saya menjadi kesiswaan disini bukan
karena mencalonkan /dicalonkan. Melainkan saya dipilih langsung oleh kepala
sekolah.
9.
Wewenang
apa saja yang ibu miliki sebagai kesiswaan?
·
wewenang yang saya miliki yaitu
melaksanakan pengawasan terhadap semua kegiatan kesiswaan, memilih siswa untuk
mewakili sekolah dalam kegiatan diluar sekolah, menjadi yang terdepan jika ada
acara-acara tertentu, dan yang terakhir mewakili kepala sekolah apabila kepala sekolah
tidak di tempat.
10.
Tugas
apa yang harus ibu laksanakan dalam menjadi kesiswaan?
·
Tugas saya yang pertama yaitu membuat
dan menyusun program kerja kegiatan sekolah dibidang kesiswaan, memberi sanksi
kepada siswa yang melanggar peraturan, mengawasi pelaksanaan tata tertib siswa,
dan melakukan pembinaan terhadap pengurus osis dalam berorganisasi.
11.
Apakah
ada pihak lain yang membantu ibu melaksanakan wewenang dan tugas ibu?
·
Tentunya dalam melaksanakan tugas saya
dibantu oleh pembina osis, karena kalau mengerjakan sendiri itu tidak mungkin.
Jadi kesiswaan dan Pembina osis jalan secara bersama.
12.
Apakah
ibu sering melakukan rapat koordinasi osis?
·
Kalau sering sih tidak. Saya hanya
melakukan rapat koordinasi dengan osis ketika ada momen-momen tertentu saja.
13.
Bagaimankah
cara ibu untuk menyusun ektrakurikuler?
·
Ektrakurikuler itu bisa ada jika ada peserta
yang berminat serta kerja sama yang baik. Membuat angket arahan dengan cara
mengkoordinir dengan pelatih. Misalnya ektrakurikuler pramuka, pelatih pramuka
bisanya hari apa? Dan misalnya bisanya hari kamis, ya sudah ektrakurikuler
pramuka diadakan pada hari kamis.
14.
Apakah
semua ektrakurikuler diamati secara langsung oleh ibu?
·
Kalau semua ektrakurikuler saya amati
secara langsung itu tidak mungkin. Minimnya saya melakukan pemantauan saja,
misalnya hari sabtu diadakan ektrakurikuler PMR. Saya tidak mengamati secara
langsung, tetapi saya melakukan hubungan dengan pelatih atau menanyakan kepada
pelatih “bagaimana ektrakurikuler PMR tadi? Lancar atau tidak?” minimalnya
seperti itu.
15.
Bagaimana
cara ibu untuk mengkoordinasi kegiatan yang berhubungan dengan hari besar
nasional?
·
Saya melakukan kerja sama dengan
pihak-pihak yang bersangkutan. Misalnya pada kegiatan idul adha, saya melakukan
koordinasi dengan bapak hardi selaku Pembina osis karena yang dilibatkan
hanyalah pengurus osis.
16.
Usaha
apa yang ibu lakukan untuk membantu siswa yang kurang mampu?
·
Untuk siswa yang kurang mampu saya akan
minta bantuan pemerintah, mengajukan bea siswa, karena bea siswa tidak hanya
untuk siswa yang pintar saja tetapi juga untuk siswa yang kurang mampu, kemudia
mengadakan SAS (siswa asuh sebaya) yang telah dilakukan setiap hari jumat,
tetapi kalau melakukan secara pribadi saya belum pernah.
17.
Apa
yang ibu lakukan untuk siswa smp ini agar menjadi siswa yang tertib dan
disiplin?
·
Itu semua berasal dari kesadaran diri
siswa, tetapi saya juga menasehati siswa agar menginternalisasi terhadap
peraturan di sekolah ini. Maksud dari Internalisasi ini yaitu siswa memakai atau
memasukkan dari peraturan dan tata tertib disekolah ini dalam dirinya, sehingga
siswa akan merasa ia harus berbuat atau bersikap seperti pada peraturan dan
tata tertib tersebut.
18.
Sanksi/tindakan
apa yang ibu ambil saat ada siswa yang membuat keributan dan melanggar
peraturan?
·
Saya hanya bisa menegur, karena kami
selaku guru merupakan orang tua disekolah. Jika ditegur sudah tidak mempan,
maka saya akan membuat surat panggilan kepada orang tuanya.
Pertanyaan
penutup:
19.
Terimakasih
ibu atas kesediaan waktunya intuk kami wawancarai!
·
Iya, sama-sama.
20.
Wassalamualaikum!
·
Waalaikum salam!
VII.
KESIMPULAN
Ibu
Endri Subekti adalah guru mata pelajaran ips di SMPN 1 WONGSOREJO, beliau
menjadi guru sejak 1 februari 1998 pada usianya yang ke 25 tahun. Selain
menjadi guru mata pelajaran ips, ia juga menjadi kesiswaan di SMPN 1
WONGSOREJO. Tugas dan Wewenang yang beliau miliki sebagai kesiswaan seperti
melaksanakan pengawasan terhadap kegiatan kesiswaan, mewakili kepala sekolah
apabila tidaka ada, dll. Dalam menjalankan tugasnya tersebut ibu Endri dibantu
oleh Pembina osis.
VIII.
PENUTUP
Demikianlah
hasil laporan wawancara kami kepada kesiswaan SMPN 1 WONGSOREJO. Kami mohon
maaf yang sebesar-besarnya apabila terdapat kesalahan dan kekurangan dalam
laporan hasil wawancara ini. Selain untuk memenuhi tugas PKN, semoga laporan
hasil wawancara ini menjadi acuan, pertimbangan, serta koreksi bagi kegiatan
wawancara selanjutnya.
No comments:
Post a Comment