Pages

Saturday 28 September 2019

ESSAY PRAMUKA DI ERA MILLENIAL


PRAMUKA DI ERA MILLENIAL
Oleh : Muhammad Ryan Saputra



Gerakan pramuka adalah nama organisasi pendidikan non forma; yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan Indonesia. Kata “pramuka” merupakan singkatan dari praja muda karana, yang memiliki arti jiwa muda yang suka berkarya. Gerakan pramuka di tanah air untuk membentengi gerakan muda dari ancaman isu sara, terorisme, arkoba, dan korupsi. Dilihat dari tujuannya boleh dikatakan bahwa gerakan pramuka tidak lain adalah untuk membangun/membentuk pribadi yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, taat terhadap hokum dan menjunjung tinggi nilai keluhuran bangsa Indonesia.
            Di era pramuka millennial ini kalangan muda yang didominasi generasi millennial semakin maju, cekatan, dan tentunya lagi dengan adanya teknologi yang bisa membantu untuk membina atau memantapkan karakter muda di Indonesia. Tapi kalau sudah ada teknologi yang memadai maka kita itu tidak boleh malas dalam memberikan pembinaan, kita harus lebih tumbuh dan berkembang menjadi pramuka kreatif, inovatif, dan lebih cerdas dalam melangkah kedepannya.
            Melalui jiwa kepramukaan seluruh kegiatan social, masyarakat dan lain sebagainya merupakan modal dasar agar kita bisa menghadapi tantangan-tantangan di era global, sehingga generasi millennial mempunyai sikap dan prilaku yang berkepribadian, berkarakter, dan berjati diri. Dengan adanya pramuka di era millennial kita bisa menjadi pemuda yang lebih tegas, bijaksana, bertanggung jawab, dan kita bisa melatih mental kita agar mental kita itu bisa terbentuk di dalam diri kita sendiri. Pada saat Indonesia menjadi emas di masa mendatang tentunya generasi millennial lah yang akan mengambil alih kepemimpinan itu.
            Disamping itu, keberadaan organisasi pramuka akan banyak memberikan perubahan lain dalam negeri kita ini. Dalam konteks lebih luas menumbuh-kembangkan jiwa kepramukaan sama halnya dengan ikut serta memupuk sikap mental dalam rangka pembelaan Negara. Masa depan Negara Indonesia ada di tangan generasi millennial, sehingga bilaman mereka sudah semakin sholid dan cerdas maka Indonesia akan lebih jaya di masa depan.

No comments:

Post a Comment