Pages

Friday 13 April 2018

CERPEN LINGKUNGAN 1



Pohon Impianku
Cerpen Karangan: Meisha Salsabila
Kategori: Cerpen Anak, Cerpen Lingkungan
Lolos moderasi pada: 14 October 2017
           
Kutanam pohon itu dengan rasa yang sangat… senang… bagaimana tidak, pohon itu lucu! daunnya kecil oh… lucu! Aku beri nama ‘Pohon Impian’. Saat kutanam, kubuat impianku yaitu… rahasia! nanti kalian tahu! Sudah 2 tahun kurawat.. dia tumbuh… lumayan besar, aku ingin impianku terwujud. Kata ibuku, pohon itu pasti suka cerita. Aku tertawa geli… tapi, supaya dia tumbuh lebih cepat, aku membacakan cerita pada pohon itu.

Hari ini aku bacakan buku cerita sebanyak 3 buku cerita yang lumayan tebal. Aku pun masuk ke rumah besok kuceritakan lagi.. eits… aku tidak lupa menyiram dan memberi pupuk padanya.
“Aku tidak mau!” seruku pada Bunda.
“Kamu gak kangen nenek sayang?” tanya Bunda.
“Aku kangen, tapi pohon impian itu..” gumamku.
“Tenang, pasti baik baik aja…” Ujar Bunda meyakinkanku.
Kutatap pohon impian dengan rasa sedih.
“Nadia, Nadia… pohon itu gak akan apa-apa.. lagian cuman pohon biasa sih.. emang mau kamu bawa ke mobil?, dicabut akarnya?, Mau mati pohonnya?, kamu ini kelebihan Nad..” kata Kak Ilham.
“Apa?! pohon biasa?, kelebihan!!?”
“Ih… awas ya!!” lanjutku lalu kukejar Kak Ilham.
“Nadia, cukup! ayo!” Bunda.

Lalu akhirnya Bunda menarikku ke mobil. Aku menangis karena meninggalkan pohon itu. 1 minggu aku di sana bosan rasanya. aku merindukan pohon impian, untung sekarang hari ini aku pulang. Sesampainya di rumah…
“Wah… hijau!” seruku, di seluruh rumah penduduk banyak pohon..

Aku menghampiri pohon impian. Lalu menyiramnya dan memberinya pupuk. aku tersenyum padanya karena impianku terwujud. Ya, betul, aku ingin semua penduduk menanam pohon-pohon.Karena, banyak pohon ditebang oleh penduduk. Akhirnya, sekarang mereka sadar, betapa pentingnya pohon di muka bumi ini. Terima kasih Pohon Impian!! Ayo teman, kita tanam kembali pohon (reboisasi) agar tidak tejadi erosi dan banjir!

Sumber:

No comments:

Post a Comment